Paduan Cara Bisnis Minimarket

Cara Bisnis Minimarket dengan Modal Terbatas

cara bisnis minimarket

Cara Bisnis minimarket bisa jadi pilihan tepat di era pandemi seperti sekarang. Namun sebagian besar orang merasa pesimistis dan berpikir bahwa bisnis ini hanya bisa dimulai dengan modal yang besar. Padahal dengan modal terbatas sekalipun jenis bisnis ini masih punya kesempatan untuk dijalankan. Berikut ini akan dibahas panduan cara bisnis minimarket dengan modal terbatas.

1. Sewa Lokasi Usaha

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menyewa lokasi usaha. Jika modal terbatas maka tak perlu membangun atau membeli lokasi usaha. Cukup dengan menyewa saja dulu agar bisa menghemat lebih banyak biaya modal. Carilah lokasi usaha yang strategis dan memang ukurannya cocok digunakan sebagai minimarket. Cermati juga persaingan usaha di sekitar lokasi tersebut apakah peluangnya cukup besar atau tidak.

Namun lain cerita jika sudah memiliki tempat usaha sendiri. Apabila memang sudah ada lokasi usaha yang bisa digunakan maka manfaatkanlah secara optimal. Gunakan lokasi tersebut untuk memulai bisnis minimarket sekarang juga. Pastikan bahwa lokasinya cukup strategis dan berpotensi untuk dibangun sebagai minimarket.

2. Pertimbangkan Perlengkapan Bekas

Saat akan membangun minimarket, tips cara bisnis minimarket akan dibutuhkan perlengkapan yang memadai. Salah satu contohnya adalah rak-rak untuk meletakkan barang-barang yang dijual. Jika modalnya terbatas, maka pelaku usaha bisa mempertimbangkan untuk membeli rak-rak bekas. Zaman sekarang ini ada banyak sekali peluang untuk mendapatkan barang bekas dengan kualitas yang masih bagus dan harganya jauh lebih murah.

Selain rak, biasanya dibutuhkan juga perlengkapan lainnya. Contohnya seperti mesin kasir dan komputer. Cari saja peralatan bekas pakai yang masih berkualitas bagus. Ini akan sangat membantu pelaku usaha untuk menekan biaya modal. Sisa uang masih bisa digunakan untuk membeli stock barang-barang yang akan dijual.

3. Cari Supplier yang Terjangkau

Salah satu cara bisnis minimarket yang efektif dan efisien meskipun modal terbatas adalah dengan berburu supplier yang terjangkau. Sebelum menjalankan bisnis ini maka harus dicari dulu supplier yang bisa menyediakan barang-barang dagangan untuk dijual di minimarket. Sangat disarankan untuk menjalin kerja sama dengan supplier yang berpengalaman, berkualitas, juga menawarkan harga barang paling terjangkau.

4. Buat Promo yang Menarik

Cobalah untuk membuat promo yang menarik. Sebagai minimarket baru, maka harus dilakukan usaha yang optimal agar bisa menarik perhatian masyarakat di sekitarnya. Cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mengadakan program promo. Misalnya dengan menjual produk buy 1 get 1 atau dengan memberikan diskon.

Namun perlu dicatat bahwa promo ini harus direncanakan dan diperhitungkan dengan baik. Pastikan promo yang dibuat ini tidak merugikan diri sendiri. Harus ada perhitungan yang matang sehingga pelaku bisnis tetap mendapatkan keuntungan meskipun menjual produk dengan sistem promo.

5. Gunakan Media Sosial Cara Bisnis Minimarket

Berbisnis di era digital seperti sekarang harus benar-benar jeli. Langkah promosi yang dijalankan sebaiknya memanfaatkan platform digital seperti media sosial agar bisa bekerja secara efektif. Media sosial saat ini punya peran yang sangat besar di kalangan masyarakat dan sangat cocok dijadikan sebagai media promosi.

Menariknya lagi, pemakaian media sosial sebagai alat promosi tidak membutuhkan modal yang besar. Bahkan pelaku usaha bisa melakukan promosi secara gratis menggunakan platform ini. Apalagi sekarang media sosial juga sudah memiliki aneka jenis fitur yang memang mendukung strategi promosi bisnis di masyarakat.

6. Manfaatkan Sistem Kasir Aplikasi Minimarket

Cara bisnis minimarket di zaman sekarang sebaiknya memang melibatkan teknologi untuk aplikasi minimarket agar bisa bersaing dan berjalan secara efektif. Misalnya saja untuk urusan kasir dan pembukuan. Sangat disarankan untuk menggunakan fasilitas kasir online untuk mempermudah proses pembukuan dan pelayanan konsumen. Saat ini ada banyak pilihan aplikasi kasir online yang bisa digunakan oleh para pelaku bisnis minimarket.

Biaya untuk menggunakan aplikasi kasir online juga tidak besar. Dibandingkan dengan manfaatnya, biaya pemakaian layanan kasir online ini terasa sangat ringan. Proses pelayanan konsumen jauh lebih efektif dan penyusunan laporan berkala juga jauh lebih mudah untuk dilakukan.  Selain itu aplikasi kasir online sekarang juga sudah dilengkapi dengan fitur pengelolaan toko yang terintegrasi dengan sangat baik.

7. Atur Layout Toko Sebaik Mungkin

Meskipun dimulai dengan modal terbatas, bisnis minimarket ini bisa menarik minat banyak pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan menata layout toko dengan baik dan semenarik mungkin. Minimarket yang barang-barangnya tertata rapi pasti akan membuat konsumen merasa lebih nyaman dan ketagihan untuk berbelanja. Selain itu layout yang rapi dan bagus juga akan mempermudah konsumen menemukan barang-barang.

Itulah pembahasan singkat mengenai cara bisnis minimarket dengan modal terbatas. Sebenarnya tinggal bagaimana cara pelaku bisnis dalam mengatur modal sehingga bisa memulai bisnis minimarket dengan efektif. Jika dikelola dengan benar dan pemilihan lokasinya tepat maka prospek yang dimiliki oleh bisnis ini pasti akan sangat menjanjikan.

× Chat via WhatsApp