Usaha Minimarket Rumahan dan Tips Memulai

Usaha Minimarket Rumahan dan Tips Memulai

Usaha Minimarket

Tanpa disadari, gaya hidup masyarakat mulai beralih semakin mengarah ke era modern. Salah satunya tercermin pada kebiasaan berbelanja di minimarket karena lebih praktis dan bisa memilih produk dengan bebas. Itulah mengapa bisnis minimarket rumahan saat ini memang menjanjikan. Pembaca dapat menyimak beberapa tips memulai usaha minimarket bila ingin meniti karir sebagai pebisnis.

Tidak dapat dipungkiri saat ini banyak kompetitor minimarket yang lebih lengkap, mengingat bisnis tersebut memang memiliki peluang yang besar. Tidak selalu memerlukan modal yang tinggi, minimarket rumahan sangatlah cocok dikembangkan pada awal meniti bisnis. Bila pembaca sedang bingung untuk memulainya, berikut beberapa tips memulai usaha yang bisa dijadikan panduan:

1. Buat Perencanaan Bisnis

Perlu dipahami, usaha minimarket mempunyai kelebihan dibandingkan dengan franchise. Pada bisnis ini, pengusaha bisa menentukan sendiri nama dan konsep dari minimarket yang akan dibangun. Berbeda dengan franchise yang umumnya sudah diatur oleh sistem waralaba tertentu. Sehingga pebisnis kurang bebas berkreasi dalam perencanaan bisnis minimarket yang dijalankan.

Pada tahapan awal, calon pebisnis perlu memikirkan nama minimarket yang akan dibangun. Selain itu, rencana bisnis juga perlu dibentuk sejak pertama kali membuka minimarket. Perencanaan tersebut meliputi penentuan struktur bisnis dan produk-produk yang akan dijual ke masyarakat. Produk bisa diperoleh dari brand sendiri maupun bekerjasama dengan supplier lain.

2. Siapkan Modal Usaha Minimarket

Besarnya modal pada usaha minimarket memang tidak bisa disamaratakan. Hal tersebut tergantung dari seberapa besar minimarket yang akan dibangun dan seberapa banyak produk yang akan dijual. Modal yang diperlukan biasanya berkisar mulai Rp50 sampai Rp100 juta. Untuk memudahkannya, calon pebisnis bisa mendaftar segala keperluan yang akan dibeli terlebih dulu.

Memulai usaha minimarket tidak selalu harus diawali dengan modal besar. Bila terjadi keterbatasan modal, cobalah untuk menggunakan modal sedikit terlebih dahulu. Selanjutnya jalankan usaha agar memperoleh keuntungan yang meningkat. Setelah itu, pebisnis bisa menggunakan keuntungan tersebut untuk mendanai minimarket supaya lebih berkembang.

3. Atur Legalitas Usaha

Saat memulai usaha, tentunya pebisnis harus memahami dan melengkapi persyaratan hukum yang berlaku di daerah setempat. Misalnya surat keterangan domisili usaha, SIUP, surat izin gangguan, dan kelengkapan lain. Legalitas tersebut tentunya harus dilengkapi terlebih dahulu agar suatu ketika tidak ada gangguan pada minimarket yang dijalankan.

Selain masalah legalitas, pebisnis juga perlu memastikan bahwa usaha minimarket sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Caranya dengan meminta bantuan dinas terkait untuk mengadakan inspeksi agar dapat menilai standarisasi bisnis. Sehingga, pebisnis dapat mengetahui apakah minimarket tersebut sudah layak untuk beroperasi.

4. Tentukan Lokasi Bisnis

Sebagaimana dengan rencana bisnis yang akan dikerjakan, lokasi yang tepat untuk minimarket rumahan adalah toko yang mudah dijangkau publik. Misalnya dekat dengan tempat kost, perumahan, dan kantor. Lokasi sangat berpengaruh terhadap berjalannya usaha minimarket. Sebaiknya lakukan survei untuk mengetahui seberapa strategis lokasi yang akan dibangun minimarket.

5. Pilih Supplier Barang yang Tepat

Minimarket ideal tentunya tidak akan pernah kehabisan barang dalam waktu yang lama. Itulah sebabnya, memilih supplier barang yang tepat menjadi langkah yang paling penting selama memastikan konsumen mendapat produk yang diinginkan. Terutama untuk produk yang cepat habis dalam beberapa waktu, misalnya makanan dan barang tertentu.

Ada beberapa kriteria yang dapat dipikirkan saat memilih supplier untuk kebutuhan minimarket. Pertama, pebisnis harus menentukan kebutuhan masing-masing. Setelah itu, pastikan barang yang disediakan oleh supplier sudah memenuhi dari segi kualitas. Sebab, hal tersebut berkaitan dengan kepuasan yang nantinya akan dirasakan konsumen. Selanjutnya, pantau seberapa baik pelayanan yang diberikan oleh supplier.

Keterlambatan barang yang masuk ke minimarket tentu akan menghambat pertumbuhan usaha. Hal ini mampu menimbulkan masalah bagi bisnis yang sedang dikerjakan. Pebisnis juga harus memperhatikan track record dari supplier agar tidak terburu-buru untuk menetapkan kerja sama. Terakhir, pilihlah supplier yang menyediakan harga sesuai dengan budget yang sudah ditentukan dalam menjalankan minimarket.

6. Cari Karyawan yang Terpercaya

Memilih karyawan erat kaitannya dengan menentukan orang dengan kemampuan menerapkan prinsip etika bisnis. Sebab, tidak mungkin pemilik usaha akan selalu mengawasi kondisi minimarket makan bisa disiapkan berupa alat komputer kasir makassar. Seperti yang diketahui, ada banyak produk yang terletak dalam lemari minimarket dan tentunya rentan hilang bila dibiarkan.

Untuk meminimalkan resiko kehilangan barang yang disebabkan oleh pengunjung maupun karyawan itu sendiri. Sebaiknya pebisnis memilih karyawan dengan cermat, tidak hanya sekedar melihat riwayat pendidikannya saja. Melainkan memperhatikan etika yang diterapkan oleh calon pelamar pekerjaan. Dengan demikian, pebisnis dapat memperoleh karyawan teladan dan dapat dipercaya.

Demikian informasi tentang 6 tips memulai usaha minimarket rumahan yang membutuhkan modal relatif kecil dibandingkan bisnis lain. Pebisnis juga harus mempunyai strategi yang tepat dalam mengatur masalah finansial usaha serta memonitor produk yang kosong. Dengan demikian, minimarket dapat dijalankan dengan terarah untuk memperoleh laba yang optimal.

Waralaba Minimarket Modal Kecil

5 Pilihan Bisnis Waralaba Minimarket Modal Kecil di Indonesia

waralaba minimarket modal kecil

Bisnis minimarket kini menjadi salah satu pilihan bisnis yang dinilai punya prospek besar. Semakin mudah, kini bisnis minimarket bisa dijalankan dengan konsep waralaba atau franchise dan sudah dilengkapi dengan software komputer kasir. Banyak penawaran bisnis waralaba minimarket modal kecil yang bisa ditemui di Indonesia saat ini. Berikut adalah beberapa pilihan waralaba minimarket yang menawarkan kerja sama dengan modal ringan:

1. Lotte Grosir

Pilihan pertama adalah waralaba Lotte Grosir yang pasti sudah sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Lotte Grosir itu sendiri merupakan bagian dari Lotte Mart Indonesia yang memberi penawaran bisnis franchise atau waralaba. Nama bisnis waralaba yang ditawarkan oleh Lotte Grosir adalah Toko Mitra Usaha Kita-Kita atau TMUK. Dinilai bermodal kecil karena nilai investasi yang ditawarkan sekitar Rp77 juta.

Konsep bisnis ini menawarkan kerja sama dengan warung-warung tradisional yang nantinya akan diubah menjadi minimarket. Nilai modal yang telah disebutkan tadi nantinya bisa diinvestasikan untuk membeli stok barang dagangan dan berbagai jenis perlengkapan toko. Ditargetkan dalam waktu 2 tahun, pelaku usaha akan mendapatkan balik modal jika bisa mengelola tokonya secara optimal.

Lotte Grosir itu sendiri telah lama bergerak di bidang waralaba bisnis minimarket. Nantinya pihak yang berinvestasi bisa mendapatkan banyak fasilitas. Tak hanya peralatan dan stok barang namun juga pelatihan atau training. Selain itu akan diberikan juga software operasional yang bisa digunakan untuk mendukung proses pelayanan konsumen.

2. Toko Mandiri Indonesia

Berikutnya ada Toko Mandiri Indonesia yang merupakan rintisan dari CV. Guna Abadi Sentosa. Toko Mandiri Indonesia telah menangani banyak minimarket dari skala kecil maupun besar. Menariknya lagi, modal yang dibutuhkan untuk membuka minimarket bersama Toko Mandiri Indonesia ini sangat bervariasi. Mulai dari modal ringan Rp50 juta sampai modal besar hingga milyaran rupiah.

Tercatat sudah hampir 12 tahun Toko Mandiri Indonesia bergerak di bidang retail dan memberikan pendampingan buka minimarket. Nantinya tim dari Toko Mandiri Indonesia akan memberi fasilitas seperti peralatan, kemitraan toko, pendampingan mengelola toko, dan lain-lain. Perusahaan ini akan memfasilitasi pelaku usaha membuka minimarket dengan nama sendiri namun masih dalam satu jaringan dengan anggota lain Toko Mandiri Indonesia.

3. LeuMart

Pilihan bisnis waralaba minimarket modal kecil berikutnya jatuh pada LeuMart. Ini merupakan layanan minimarket hasil kongres ekonomi umat oleh MUI. Gerai LeuMart ini dibentuk untuk membantu masyarakat agar lebih mandiri dari segi ekonomi lewat bisnis minimarket. LeuMart tersedia dalam beberapa bentuk tipe kemitraan.

Pilihan pertama ada gerai warung yang modalnya sangat terjangkau mulai dari Rp20 juta. Sementara itu ada juga bentuk kemitraan gerai minimarket yang modalnya juga terbilang ringan. Modal yang dibutuhkan mulai dari Rp74 juta dan sudah termasuk biaya untuk mendapatkan perlengkapan dan produk konsinyasi.

4. Rajawali Mart

Jika ingin mencari bisnis waralaba minimarket modal kecil, maka bersiaplah untuk menemukan nama-nama waralaba yang mungkin kurang populer. Seperti halnya Rajawali Mart yang juga kurang populer dibandingkan Indomaret dan Alfamart. Rajawali Mart ini bisa jadi pilihan bisnis waralaba bagi pemula yang baru ingin mulai belajar menjalankan bisnis minimarket.

Rajawali Mart membuka kesempatan franchise dengan biaya modal yang cukup terjangkau. Modal minimal yang dibutuhkan adalah Rp150 juta. Hanya saja investor nantinya harus mempersiapkan lokasi bisnis sendiri. Jika sudah ada lokasi bisnis yang tepat maka sudah bisa dikatakan bahwa syarat untuk membeli brand waralaba Rajawali Mart ini terpenuhi dan bisa dilanjutkan ke proses selanjutnya.

Nama Rajawali Mart ini mungkin tidak begitu populer waralaba minimarket modal kecil namun tetap bisa memberi peluang yang besar. Apalagi jika bisnis ini dijalankan di lokasi yang tepat. Misalnya, jauh dari keramaian atau fasilitas minimarket yang lain. Selama dikelola dengan tepat dan pelayanan yang diberikan optimal maka Rajawali Mart bisa memberi peluang untung yang besar.

5. Homart

Dibuka pada tahun 2011 lalu, Homart menjadi salah satu minimarket yang disukai oleh banyak orang. Nama Homart juga cukup dikenal baik di kalangan masyarakat. Homart itu sendiri merupakan minimarket yang dirintis oleh PT Immortal Store. Waralaba ini memperluas pilihan masyarakat yang ingin menjalankan bisnis dengan metode franchise karena semuanya sudah siap dan tinggal dikelola.

Homart memberikan penawaran sangat menarik bagi masyarakat yang ingin berbisnis. Modal awal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis waralaba ini kurang lebih Rp60 juta. Ini adalah biaya minimal yang dibutuhkan oleh pelaku usaha untuk membeli hak waralaba.  Bisa saja nilainya lebih besar seiring dengan perubahan-perubahan yang dilakukan sesuai kemampuan.

Itulah tadi 5 pilihan bisnis waralaba minimarket modal kecil yang bisa dijadikan pilihan. Tentunya semua bisnis waralaba ini bisa menuai kesuksesan apabila selalu konsisten dan mengelola bisnis dengan baik. Meskipun modalnya kecil namun keuntungan yang didapatkan kembali akan jauh lebih besar jika bisnis tersebut dijalankan dengan metode yang tepat.

Paduan Cara Bisnis Minimarket

Cara Bisnis Minimarket dengan Modal Terbatas

cara bisnis minimarket

Cara Bisnis minimarket bisa jadi pilihan tepat di era pandemi seperti sekarang. Namun sebagian besar orang merasa pesimistis dan berpikir bahwa bisnis ini hanya bisa dimulai dengan modal yang besar. Padahal dengan modal terbatas sekalipun jenis bisnis ini masih punya kesempatan untuk dijalankan. Berikut ini akan dibahas panduan cara bisnis minimarket dengan modal terbatas.

1. Sewa Lokasi Usaha

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menyewa lokasi usaha. Jika modal terbatas maka tak perlu membangun atau membeli lokasi usaha. Cukup dengan menyewa saja dulu agar bisa menghemat lebih banyak biaya modal. Carilah lokasi usaha yang strategis dan memang ukurannya cocok digunakan sebagai minimarket. Cermati juga persaingan usaha di sekitar lokasi tersebut apakah peluangnya cukup besar atau tidak.

Namun lain cerita jika sudah memiliki tempat usaha sendiri. Apabila memang sudah ada lokasi usaha yang bisa digunakan maka manfaatkanlah secara optimal. Gunakan lokasi tersebut untuk memulai bisnis minimarket sekarang juga. Pastikan bahwa lokasinya cukup strategis dan berpotensi untuk dibangun sebagai minimarket.

2. Pertimbangkan Perlengkapan Bekas

Saat akan membangun minimarket, tips cara bisnis minimarket akan dibutuhkan perlengkapan yang memadai. Salah satu contohnya adalah rak-rak untuk meletakkan barang-barang yang dijual. Jika modalnya terbatas, maka pelaku usaha bisa mempertimbangkan untuk membeli rak-rak bekas. Zaman sekarang ini ada banyak sekali peluang untuk mendapatkan barang bekas dengan kualitas yang masih bagus dan harganya jauh lebih murah.

Selain rak, biasanya dibutuhkan juga perlengkapan lainnya. Contohnya seperti mesin kasir dan komputer. Cari saja peralatan bekas pakai yang masih berkualitas bagus. Ini akan sangat membantu pelaku usaha untuk menekan biaya modal. Sisa uang masih bisa digunakan untuk membeli stock barang-barang yang akan dijual.

3. Cari Supplier yang Terjangkau

Salah satu cara bisnis minimarket yang efektif dan efisien meskipun modal terbatas adalah dengan berburu supplier yang terjangkau. Sebelum menjalankan bisnis ini maka harus dicari dulu supplier yang bisa menyediakan barang-barang dagangan untuk dijual di minimarket. Sangat disarankan untuk menjalin kerja sama dengan supplier yang berpengalaman, berkualitas, juga menawarkan harga barang paling terjangkau.

4. Buat Promo yang Menarik

Cobalah untuk membuat promo yang menarik. Sebagai minimarket baru, maka harus dilakukan usaha yang optimal agar bisa menarik perhatian masyarakat di sekitarnya. Cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mengadakan program promo. Misalnya dengan menjual produk buy 1 get 1 atau dengan memberikan diskon.

Namun perlu dicatat bahwa promo ini harus direncanakan dan diperhitungkan dengan baik. Pastikan promo yang dibuat ini tidak merugikan diri sendiri. Harus ada perhitungan yang matang sehingga pelaku bisnis tetap mendapatkan keuntungan meskipun menjual produk dengan sistem promo.

5. Gunakan Media Sosial Cara Bisnis Minimarket

Berbisnis di era digital seperti sekarang harus benar-benar jeli. Langkah promosi yang dijalankan sebaiknya memanfaatkan platform digital seperti media sosial agar bisa bekerja secara efektif. Media sosial saat ini punya peran yang sangat besar di kalangan masyarakat dan sangat cocok dijadikan sebagai media promosi.

Menariknya lagi, pemakaian media sosial sebagai alat promosi tidak membutuhkan modal yang besar. Bahkan pelaku usaha bisa melakukan promosi secara gratis menggunakan platform ini. Apalagi sekarang media sosial juga sudah memiliki aneka jenis fitur yang memang mendukung strategi promosi bisnis di masyarakat.

6. Manfaatkan Sistem Kasir Aplikasi Minimarket

Cara bisnis minimarket di zaman sekarang sebaiknya memang melibatkan teknologi untuk aplikasi minimarket agar bisa bersaing dan berjalan secara efektif. Misalnya saja untuk urusan kasir dan pembukuan. Sangat disarankan untuk menggunakan fasilitas kasir online untuk mempermudah proses pembukuan dan pelayanan konsumen. Saat ini ada banyak pilihan aplikasi kasir online yang bisa digunakan oleh para pelaku bisnis minimarket.

Biaya untuk menggunakan aplikasi kasir online juga tidak besar. Dibandingkan dengan manfaatnya, biaya pemakaian layanan kasir online ini terasa sangat ringan. Proses pelayanan konsumen jauh lebih efektif dan penyusunan laporan berkala juga jauh lebih mudah untuk dilakukan.  Selain itu aplikasi kasir online sekarang juga sudah dilengkapi dengan fitur pengelolaan toko yang terintegrasi dengan sangat baik.

7. Atur Layout Toko Sebaik Mungkin

Meskipun dimulai dengan modal terbatas, bisnis minimarket ini bisa menarik minat banyak pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan menata layout toko dengan baik dan semenarik mungkin. Minimarket yang barang-barangnya tertata rapi pasti akan membuat konsumen merasa lebih nyaman dan ketagihan untuk berbelanja. Selain itu layout yang rapi dan bagus juga akan mempermudah konsumen menemukan barang-barang.

Itulah pembahasan singkat mengenai cara bisnis minimarket dengan modal terbatas. Sebenarnya tinggal bagaimana cara pelaku bisnis dalam mengatur modal sehingga bisa memulai bisnis minimarket dengan efektif. Jika dikelola dengan benar dan pemilihan lokasinya tepat maka prospek yang dimiliki oleh bisnis ini pasti akan sangat menjanjikan.

Pembuatan Website Makassar

Keunggulan Menggunakan Jasa Pembuatan Website Makassar

Jasa Pembuatan Website Makassar

Ada banyak sekali jasa pembuatan website Makassar yang bisa dengan mudah ditemukan di internet. Hal ini akan mempermudah anda mencari jasa untuk membuat website yang anda inginkan. Di jaman serba digital ini semakin banyak sekali orang yang menggunakan jasa pembuatan website untuk memenuhi segala macam kebutuhannya. Banyaknya penggunaan website dengan berbagai macam jenis yang ada, membuat permintaan website pun semakin bertambah.

Kebanyakan orang sekarang menjadikan internet sebagai solusi atas segala permasalahannya, maka bisnis website pun sangat menjanjikan. Tidak heran, jika banyak sekali website-website yang hanya berisikan artikel atau website penjualan untuk memasarkan produknya. Karena memang orang-orang dijaman sekarang lebih senang melihat melalui digital dibanding secara langsung. Hal tersebut karena melalui internet bisa lebih praktis dan instan, tidak perlu mengeluarkan ongkos banyak untuk mencari barang dan tidak memakan waktu. Maka hal ini pun menjadi peluang besar bagi jasa pembuatan website untuk menarik perhatian para konsumen.

Selain itu, banyak orang yang tertarik untuk memakai pembuatan website karena banyak sekali manfaat serta keunggulan oleh jasa pembuatan website ini. Melalui jasa pembuatan website pemilik produk seperti marketplace atau toko online tidak perlu lagi memikirkan cara pembuatan website, semuanya sudah teratasi oleh jasa website. Dengan jangakauan yang luas website para penjual mampu meraup keuntungan lebih, karena banyaknya konsumen yang senang berbelanja secara online.

Beberapa Keunggulan Jasa Pembuatan Website Makassar

Untuk mendukung kelancaran dalam pemasaran serta penjualan online anda sangat membutuhkan website. Dengan memiliki website bisnis akan lebih mempermudah memasarkan produk-produk yang dimiliki. Di jaman sekarang ini sudah serba digital, maka penjual yang tidak mengikuti perkembangan digital tentu saja akan merugi. Untuk itu, sangat penting sekali memiliki website. Anda dapat memesan website di jasa pembuatan website Makassar karena memiliki banyak sekali keunggulan sebagai berikut:

  1. Pembuatan Website Sangat Cepat

Keunggulan yang dapat anda rasakan yaitu pembuatan website sangat cepat. Jika konsep bisnisnya simple, maka pembuatan website pun akan sangat cepat. selain itu, website pun akan dibuat sesuai deadline dan sesuai kebutuhan.

  1. Memiliki Optimasi Seo

Jasa pembuatan website Makassar sangat profesional yang menyajikan struktur pembuatan konten yang sudah berbasis optimasi SEO. Adanya optimasi SEO ini begitu penting dalam sebuah website karena sangat berguna di mesin pencarian. Jika tidak ada optimasi SEO maka akan kalah bersaing dengan website kompetitor.

  1. Dikerjakan Oleh Profesional

Keunggulan lainnya adalah proses pengerjaan dilakukan oleh profesional dan ahli di bidangnya. Tentu saja hasilnya akan sesuai dengan apa yang diinginkan. Baik itu untuk website adsense atau website toko online.

  1. Hasil Memuaskan

Hasil yang bisa diperoleh dengan menggunakan jasa pembuatan website Makassar tentu saja lebih memuaskan. Baik itu dari segi tampilan website, pemilihan brand domain, optimasi seo (opsional) dan lain sebagainya. Semua klien bisa mendapatkan apa yang diinginkan untuk memiliki sebuah website.

  1. Membangun Reputasi dan Menjangkau Target

Dengan pengerjaan website menggunakan jasa profesional pastinya akan lebih mudah dalam menjangkau target dan membangun reputasi. Misalnya untuk brand perusahaan, produk yang dijual, toko online yang baru dirintis dan lainnya. Hal ini karena profesional mengerjakannya dengan mengutamakan tampilan yang diinginkan mesin pencari.

Website sendiri memiliki jangkauan yang sangat luar dan tidak terbatas bahkan bisa membawa kemudahan bagi semua orang sehingga menarik minat setiap orang untuk menggunakan website. Jasa pembuatan website Makassar memiliki keunggulan lebih yang dapat membuat konsumennya merasa puas dan senang akan hasil pembuatan websitennya.

Silahkan hubungi kami melalui whatsapp atau telephone di nomor tertera diwebsite kami. semoga kami bisa menjadi bagian dari kesuksesan usaha anda.
Salam Hangat dari Team Daengweb..!!