Pemanfaatan Sistem Informasih Kepegawaian

Pemanfaatan Sistem Informasih Kepegawaian

 

 

Pemanfaatan Sistem Informasi Kepegawaian Bukan hal yang mengherankan jika SDM menjadi salah satu faktor terpenting di dalam sebuah instansi, perusahaan dan juga universitas. Untuk manajemen SDM juga mempunyai kegunaan yang essensial dimana hal ini bisa memastikan semua organisasi yang ada di dalam institusi mencapai tujuan yang direncanakan. Karena mempunyai SDM yang sudah mahir dan profesional sehingga mutu dan kuantitasnya dapat memenuhi kebutuhan.

Agar bisa melakukan pengelolaan yang maksimal pada aspek manajemen SDM tyang ada di dalam sebuah institusi, maka manajemen SDM harus di kelola oleh orang yang handal. Dimana pengelolaan ini dilakukan secara konvensionalyang pada saat ini secara konvensional sudah tidak efektif lagi. Nah, agar bisa memenuhi kebutuhan kebutuhan tersebut itulah mengapa wajib dikembangkan sebuah sistem informasi kepegawaian yang profesional dan handal.

Tujuan penggunaan SIM kepegawaian

Simpeg atau sistem informasi  kepegawaian ialah salah satu sistem informasi yang sangat berguna untuk pengolahan data, manajemen serta administrasi kepegawaian pada sebuah instansi, perusahaan dan juga perguruan tinggi. Sistem informasi kepegawaian ini adalah salah satu solusi yang tepat untuk beberapa perusahaan perguruan tinggi maupun lembaga instansi jika ingin mengatasi masalah manajemen kepegawaian.

Tujuan dari implementasi SIM kepegawaian ini ialah agar mewujudkan sebuah sistem informasi manajemen yang telah terintegrasi dalam satu jaringan komputer sehingga dapat menghasilkan informasi yang jauh lebih bermutu. Dan hal ini sangat berguna untuk menunjang pengambilan sebuah keputusan manajemen kepegawaian di area instansi.

Kegiatan yang satu ini nantinya pasti akan mendukung proses pada bisnis dan juga kelangsungan pada sebuah perusahaan berukuran tinggi dan juga instansi. Itulah sebabnya sebuah instansi harus memiliki komitmen untuk menjalankan sistem informasi manajemen kepegawaian yang tinggi sehingga nantinya proses yang akan terjadi di lantai produksi akan menguntungkan semua penggunanya.

Manfaat implementasi SIM kepegawaian

  • Dengan menggunakan sistem informasi manajemen kepegawaian dapat memudahkan pengerjaan dari pembuatan laporan.
  • Dapat mengetahui pegawai mana yang seharusnya naik pangkat dan memperoleh kenaikan gaji secara berkala.
  • Atau tak bisa mengetahui serta memperoleh berbagai macam informasi yang masih berkaitan dengan keadaan pegawai secara cepat dan akurat.
  • Dengan penggunaan SIM kepegawaian ini bisa merencanakan mutasi pegawai yang sesuai dengan kompetensi serta pendidikannya.
  • Dapat mempermudah suatu pekerjaan yang masih berkaitan dengan kepegawaian contohnya ialah angka kredit pegawai.
  • SIM kepegawaian ini akan memudahkan apa kebutuhan anda agar pemantauan dari jatah cuti pegawai.
  • Bisa mempermudah pegawai ketika pengelolaan beban kerja.
  • Dapat mempermudah masalah penggajian serta presensi pegawai.
  • Dan yang terakhir ialah akan memudahkan perusahaan ketika merekrut calon pegawai.

Fungsi sistem informasi manajemen kepegawaian

  • Dengan menggunakan sistem informasi manajemen kepegawaian ini nantinya dapat meningkatkan aksebilitas dari data yang sudah tersaji secara akurat dan tepat waktu.
  • SIM kepegawaian ini juga berfungsi untuk mewujudkan data data kepegawaian yang terintegrasi dan mutakhir.
  • Fungsi dari SIM kepegawaian ini juga bisa mengembangkan proses proses perencanaan secara efektif.
  • SIM manajemen juga sangat berfungsi guna menjamin tersedianya mutu serta keterampilan SDM.
  • SIM kepegawaian juga bagus untuk memperbaiki produktivitas SDM yang ada di dalam sebuah instansi.
  • Bahkan SIM kepegawaian juga berguna untuk memberikan semua informasi pegawai dengan benar tanpa ada cacat. Dimana hal ini akan membantu dalam mengembangkan kesejahteraan semua pegawai.
  • Sistem informasi manajemen kepegawaian ini juga berfungsi untuk membantu kelancaran pekerjaan yang ada di bagian kepegawaian terlebih lagi pada pembuatan laporan.

Fitur yang dimiliki oleh SIM kepegawaian

Di dalam SIM kepegawaian ini juga terdapat beberapa fitur yang tentunya akan memudahkan sebuah instansi ketika melakukan pengumpulan data-data dari pegawai serta pembuatan surat-surat yang memang diperlukan. Nah, berikut inilah fitur-fitur yang ada pada SIM kepegawaian:

  • Fitur pengolahan data pegawai

Untuk fitur pertama pada sistem informasi kepegawaian ialah fitur data pegawai. Data dari pegawai ialah data pribadi seperti keluarga riwayat pangkat riwayat pendidikan riwayat penelitian riwayat jabatan struktural riwayat jabatan akademik riwayat pengabdian di masyarakat sertifikat penghargaan pelatihan tugas kelembagaan dan lain sebagainya. Pada penggunaan fitur ini pada setiap pegawai dapat melakukan insert atau edit data yang kemudian harus divalidasi oleh bidang kepegawaian.

  • Fitur permohonan cuti pegawai

Untuk fitur yang selanjutnya ialah fitur yang digunakan untuk pengajuan cuti. Dimana pada semua pegawai dapat mengajukan cuti dengan cara online yang selanjutnya akan dilakukan proses persetujuan dari atasan. Persetujuan ini biasanya adalah berupa notifikasi email yang selanjutnya akan di validasi pada bagian kepegawaian.

  • Terdapat fitur kenaikan secara berkala

Selanjutnya ialahfitur kenaikan secara berkala di mana sistem yang satu ini dapat digunakan untuk proses otomatis ketika pengecekan serta mengajukan kenaikan pangkat serta gaji secara berkala kepada pegawai.

  • Adanya fitur penilaian kinerja pegawai

Untuk yang selanjutnya merupakan fitur penilaian di mana pada fitur ini proses penilaiannyadapat jauh lebih akurat jika dibandingkan tidak menggunakan SIM kepegawaian. Akan tetapi pada masing-masing instansi akan memiliki proses penilaian dari kinerja pegawai yang khusus sehingga pada fitur ini wajib adanya penyesuaian alur dari proses penilaian kinerja pegawai yang masih sesuai dengan institusi tersebut.

  • Terdapat fitur presensi pegawai

Untuk yang selanjutnya ialah fitur presensi pegawai dimana fitur yang satu ini sangat berguna untuk menampilkandari daftar presensi pegawai unta itu pada setiap hari maupun rekap selama per bulan. fitur ini juga sudah dilengkapi dengan adanya proses penarikan data yang berada pada mesin presensi contohnya saja seperti mesin handkey,fingerprint dan lain sebagainya.

  • Fitur perekrutan calon pegawai

Untuk yang satu ini memang pada setiap unit dapat melakukan pembukaan lowongan pekerjaan yang memang sesuai dengan kriteria yang tengah diperlukan. Para pelamar nantinya dapat melakukan tahapan proses seleksi pegawai yakni dimulai dari proses administrasi kemudian proses psikotes hingga lulus tes menjadi pegawai baru.

  • Adanya fitur penggajian atau payroll

Selanjutnya merupakan fitur penggajian dimana fitur ini adalah fitur yang sangat berfungsi bagi semua instansi ketika melakukan manajemen penggajian atau manajemen payroll. Pada fitur inilah akan ada komponen-komponen pada penggajian yaitu seperti gaji pokok, gaji tunjangan, gaji lembur, honor, potongan, pinjaman dan juga pajak.

  • Terdapat fitur angka kredit untuk pegawai

Untuk fitur yang hanyutnya merupakan fitur angka kredit dimana fitur ini nantinya akan mencatat angka kredit yang telah dilakukan oleh pegawai. Umumnya didalam hidup ini nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas simulasi perhitungan yang nilainya akan dilakukan secara per periode.

  • Fitur beban kerja dari pegawai

Untuk fitur yang terakhir pada SIM kepegawaian merupakan fitur beban kerja dari pegawai, dimana pegawai dapat melakukan input rubrik mengenai beban kerja pegawai yang kemudian akan dilakukan sebuah penilaian dari perusahaan.

Nah, itulah informasi mengenai pemanfaatan dari sistem informasi kepegawaian yang dapat diberikan kepada Anda. Dengan adanya ulasan tentang SIM kepegawaian di atas sangat diharapkan bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda.

 

Hubungi Kami untuk jasa pembuatan SIMPEG yang sesuai kebutuhan Instansi dan Perusahaan Anda,
Telp / WA 08213067867
Pembuatan Aplikasi SIMPEG

× Chat via WhatsApp